UNSUR-UNSUR DAN SYARAT PERIKATAN DALAM ISLAM
Unsur-unsur yang terdapat dalam perikatan sebagaimana
dapa definisi aqad yaitu pertalian antara ijab dan qabul yang dibenarkan oleh
syara’ yang menimbulkan akibat hukum terhadap objeknya. Pada definisi terdapat
tiga unsur yang terdapat dalam suatu perikatan, yaitu :
1. Hubungan Ijab dan Qabul
1. Hubungan Ijab dan Qabul
Ijab adalah pernyataan kehendak oleh satu pihak
(mujib) untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Qabul adalam
pernyataan menerima atau menyetujui kehendak mujib tersebut pihak lainnya
(qaabil). Unsur ijab dan qabul selalu ada dalam suatu perikatan.
2. Dibenarkan oleh syara
2. Dibenarkan oleh syara
Aqad yang dilakukan tidak boleh bertentangan dengan
syara’ (Alqur’an dan Sunnah Rasulullah). Demikian juga objek akad tidak boleh
bertentangan dengan syara’ bila bertengangan maka akad itu tidak sah.
1.
Mempunyai
akibat hukum terhadap objeknya
Aqad merupakan tindakan hukum
(tasharruf), menimbulkan akibat hukum terhadap objek hukum yang diperjanjikan. syarat-syarat
dari perikatan Islam atau akad, yang mana akad akan terjadi apabila telah
memenuhi syarat pada:
1.
Subjek Hukum
(aqidain)
Menurut Ash-Shiddicqy, bahwa kedua
belah pihak yang berakad atau melakukan perjanjian harus cakap (ahliyatul
aqidaini). Baik itu perorangan maupun dengan badan hukum atau institusi. Tidak
akan sah akad apabila dilakukan oleh orang gila , anak kecil yang belum
mengetahui, dsb.
2.
Objek Hukum
(mahallul aqad)
Objek akad atau perikatan haruslah
dapat diterima secara hukum, terutama hukum Islam. Kemudian selain itu, objek
akad terbagi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:
a.
Objek
perikatan harus ada ketika dilangsungkan atau tersedia untuk diakadkan dan akad
akan berakhir apabila objek tersebut telah diserahkan kepada yang berhak
menerima. Islam tidak membolehkan menjual objek yang belum waktunya, seperti
menjual anak sapi yang masih dalam kandungan atau menjual buah yang belum
masak.
b.
Objek akad
atau perikatan dalam Islam harus dibenarkan syari’ah. Tidak dibenarkan objek
perikatan yang haram, baik zat maupun cara mendapatkannya. Inilah yang
membedakan perikatan Islam dengan perikatan umum.
c.
Objek akad
atau perikatan dalam Islam harus jelas dan dapat dikenali dari jenis, bentuk,
ukuran, dan urgensi barang tersebut.
d.
Objek dapat
diserah terimakan pada saat akad terjadi atau pada waktu yang telah disepakati
sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dalam suatu transaksi.
3.
SYARAT-SYARAT
PERIKATAN DALAM ISLAM
Setelah di jelaskan rukun akad
sebelumnya, akan dijelaskan lanjutannya berupa syarat-syarat dari perikatan
Islam atau akad, yang mana akad akan terjadi apabila telah memenuhi syarat
pada:
1. Subjek Hukum (aqidain)
Menurut
Ash-Shiddicqy, bahwa kedua belah pihak yang berakad atau melakukan perjanjian
harus cakap (ahliyatul aqidaini). Baik itu perorangan maupun dengan
badan hukum atau institusi. Tidak akan sah akad apabila dilakukan oleh orang
gila , anak kecil yang belum mengetahui, dsb.
2.
Objek Hukum
(mahallul aqad)
Objek akad
atau perikatan haruslah dapat diterima secara hukum, terutama hukum Islam.
Kemudian selain itu, objek akad terbagi beberapa persyaratan yang harus
dipenuhi:
a.
Objek perikatan
harus ada ketika dilangsungkan atau tersedia untuk diakadkan dan akad akan
berakhir apabila objek tersebut telah diserahkan kepada yang berhak menerima.
Islam tidak membolehkan menjual objek yang belum waktunya, seperti menjual anak
sapi yang masih dalam kandungan atau menjual buah yang belum masak.
b.
Objek akad
atau perikatan dalam Islam harus dibenarkan syari’ah. Tidak dibenarkan objek
perikatan yang haram, baik zat maupun cara mendapatkannya. Inilah yang
membedakan perikatan Islam dengan perikatan umum.
c.
Objek akad
atau perikatan dalam Islam harus jelas dan dapat dikenali dari jenis, bentuk,
ukuran, dan urgensi barang tersebut.
d.
Objek dapat
diserah terimakan pada saat akad terjadi atau pada waktu yang telah disepakati
sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dalam suatu transaksi.
No comments:
Post a Comment